PKS REVIU RKA K/L OLEH APIP INSPEKTORAT LIPI

Jakarta – Disela-sela off jadwal audit, Jumat (11/08/2017) Inspektorat LIPI melaksanakan kegiatan PKS (pelatihan dikantor sendiri) dengan tema Reviu Rencana Kerja Anggaran Kementerian/ Lembaga (RKA K/L). Pelaksanaan PKS bertempat di ruang rapat Inspektorat Gedung SWS Jalan Gatot Subroto No. 10, Jakarta.

Reviu RKA K/L dilakukan oleh APIP (Aparat Pengawas Intern Pemerintah) untuk memberikan keyakinan terbatas (limited assurance) dan memastikan kepatuhan penerapan kaidah-kaidah perencanaan penganggaran. PKS dengan tema ini diharapkan sebagai langkah perbaikan dalam melakukan Reviu RKA K/L di LIPI.

“Dari hasil pembahasan pedoman dalam melaksanakan REVIU RKA K/L diharapkan dapat memberikan masukan kepada organisasi lipi, agar reviu yang selama ini dilakukan oleh LIPI kedepan lebih akuntabel.” Ujar ibu Yeti auditor sebagai pemapar telah mengikuti Diklat Reviu RKA K/L yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Setelah pemaparan yang disampaikan Ibu Yeti, acara dilanjutkan dengan diskusi terkait permasalahan reviu RKA K/Lyang selama ini dilakukan oleh inspektorat LIPI. APIP Inspektorat LIPI sepakat bahwa tata cara melakukan Reviu RKA K/L LIPI masih perlu perbaikan. Hal-hal penting dari hasil kajian PKS ini akan disampaikan kepada Inspektur LIPI.

APIP Inspektorat LIPI berharap acara PKS ini terus menerus dilakukan dengan harapan dapat meningkatakan kompetensi APIP dan persamaan persepsi dalam melaksanakan audit.

“Kedepan acara PKS harus terus dilanjutkan dengan tema-tema lainnya terutama auditor yang masih muda yang memiliki spesialisasi tertentu bisa sharing knowledge, karena kita sering kali audit belajar otodidak, sehingga kita punya kemampuan dan persepsi yang sama dalam melakukan audit” ujar Bapak R. Yanis Haidar auditor penyelia Inspektorat LIPI.

Veni Robiatal A, Staf Inspektorat LIPI

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Jakarta - Disela-sela off jadwal audit, Jumat (11/08/2017) Inspektorat LIPI melaksanakan kegiatan PKS (pelatihan dikantor sendiri) dengan tema Reviu Rencana Kerja Anggaran Kementerian/ Lembaga (RKA K/L). Pelaksanaan PKS bertempat di ruang rapat Inspektorat Gedung SWS Jalan Gatot Subroto No. 10, Jakarta. Reviu RKA K/L dilakukan oleh APIP (Aparat Pengawas Intern Pemerintah) untuk memberikan keyakinan terbatas (limited assurance) dan memastikan kepatuhan penerapan kaidah-kaidah perencanaan penganggaran. PKS dengan tema ini diharapkan sebagai langkah perbaikan dalam melakukan Reviu RKA K/L di LIPI. “Dari hasil pembahasan pedoman dalam melaksanakan REVIU RKA K/L diharapkan dapat memberikan masukan kepada organisasi lipi, agar reviu yang selama ini dilakukan oleh LIPI kedepan lebih akuntabel.” Ujar ibu Yeti auditor sebagai pemapar telah mengikuti Diklat Reviu RKA K/L yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Setelah pemaparan yang disampaikan Ibu Yeti, acara dilanjutkan dengan diskusi terkait permasalahan reviu RKA K/Lyang selama ini dilakukan oleh inspektorat LIPI. APIP Inspektorat LIPI sepakat bahwa tata cara melakukan Reviu RKA K/L LIPI masih perlu perbaikan. Hal-hal penting dari hasil kajian PKS ini akan disampaikan kepada Inspektur LIPI. APIP Inspektorat LIPI berharap acara PKS ini terus menerus dilakukan dengan harapan dapat meningkatakan kompetensi APIP dan persamaan persepsi dalam melaksanakan audit. “Kedepan acara PKS harus terus dilanjutkan dengan tema-tema lainnya terutama auditor yang masih muda yang memiliki spesialisasi tertentu bisa sharing knowledge, karena kita sering kali audit belajar otodidak, sehingga kita punya kemampuan dan persepsi yang sama dalam melakukan audit” ujar Bapak R. Yanis Haidar auditor penyelia Inspektorat LIPI. Veni Robiatal A, Staf Inspektorat LIPI